Saturday, April 30, 2011

Pakar Pangan Nyatakan Akan Gabung ke Partai Demokrat

Denpasar - Pilpres 2014 masih lama, hampir tiga setengah tahun lagi. Namun Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan) jauh-jauh hari sudah menyatakan akan bergabung dengan Partai Demokrat (PD) guna pemenangan pada Pemilu 2014.

Selain itu rencana merger ini merupakan upaya mengantisipasi tidak lolosnya partai ini dalam parliamentary threshold (PT).

"Berdasarkan evaluasi dan diskusi selama berlangsungnya Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), kami sepakat untuk memilih Partai Demokrat sebagai induk koalisi partai," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Pakar Pangan, M Yasin dalam siaran persnya yang diterima detikcom usai Rapimnas ke-2 Pakar Pangan di Hotel Puri Ayu, Denpasar, Bali, Sabtu (30/4/2011).

Seperti diketahui, pada Pemilu 2009 lalu partai ini merupakan salah satu partai politik yang mendukung pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto. Namun, Yasin membantah rencana bergabung partai politiknya ke PD akibat kekalahan dalam mendukung capres di tahun 2009 itu.

"Hubungan kami dengan parpol pengusung Mega-Prabowo hingga kini masih baik-baik saja, kok. Pilihan kami bergabung ke Partai Demokrat adalah pilihan terbaik, untuk memenangkan Pemilu Legislatif 2014. Jadi, kami belum membicarakan calon presiden 2014," jelas mantan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) itu.

Dengan merger Pakar Pangan dan PD, Yasin optimis tidak akan menggangu hubungan partainya selama ini dengan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri. Guna melakukan merger sendiri, lanjut Yasin, pihaknya sudah melakukan komunikasi intensif dengan sejumlah jajaran PD.

"Pada dasarnya mereka welcome aja," ujarnya.

Sementara itu, Sekjen DPN Pakar Pangan Jackson Kumaat menambahkan, 33 pimpinan pengurus partainya se-Indonesia telah setuju untuk bergabung ke Demokrat. Sedangkan sekitar 100 anggota DPRD propinsi, Kabupaten dan Kotamadya yang hadir dalam Rapimnas juga telah menyatakan persetujuannya.

"Kami siap membesarkan Partai Demokrat di tahun 2014. Kami yakin akan memenangkan Pemilu 2014 bersama Partai Demokrat," imbuh Jackson.

Jackson mengaku, sedang mempersiapkan sejumlah tokoh di partainya yang akan masuk jajaran petinggi di PD. Namun, Jackson enggan merinci siapa tokoh yang dimaksudkannya itu. Hanya saja, sumber yang enggan disebutkan namanya yang juga ikut dalam Rapimnas itu mengatakan, beberapa pengurus sedang mempersiapkan AD/ART lembaga atau ormas Pakar Pangan yang akan menjadi 'sayap' di PD itu bernama Bakti Karya Perjuangan Demokrat (BKPD). Mergernya partai ini juga guna mengantisipasi kemungkinan tidak lolosnya PT.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More